wrapper

“RISIKO” dapat terjadi pada siapapun, kapanpun dan dimanapun ………………….

 

  • 1.Apakah anda telah membaca & memahami polis asuransi yang anda beli ?

    Bila tidak, proteksi yang anda peroleh mungkin tidak seperti yang anda harapkan !!!

    Lebih jelas hubungi Perusahaan Pialang Asuransi Anggota APPARINDO.

  • 2.Apa yang dimaksud dengan Perusahaan Pialang Asuransi ?

    Perusahaan Pialang Asuransi adalah suatu badan hukum yang dibentuk dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat atau suatu badan yang dapat membantu mereka dalam membeli produk asuransi dan mendampingi dan membantu pada saat terjadi klaim.

  • 3.Apa manfaat Perusahaan Pialang Asuransi bagi Masyarakat ?

    1. Mengenal dan menganalisa risiko yang dimiliki Nasabah
    2. Memberikan saran bagaimana menangani risiko kepada Nasabah
    3. Men-design program asuransi yang memberikan jaminan lebih luas dan sesuai dengan kebutuhan Nasabah
    4. Menyeleksi perusahaan asuransi dari segi kekuatan keuangan dan segi komitmen serta reputasi
    5. Mempresentasikan risiko dan menegosiasikan ruang lingkup jaminan yang luas serta premi yang bersaing kepada perusahaan Asuransi
    6. Memantau kondisi dan situasi setiap adanya perubahan dalam industri asuransi secara konsisten
    7. Membantu dan menangani klaim yang terjadi dari segi prosedur dan dokumentasi serta menegosiasikan nilai klaim yang wajar dan memadai bagi Nasabah
    8. Nasabah akan memperoleh kenyamanan dan keamanan dalam bertransaksi asuransi, sesuai dengan motto kami bagi Nasabah: “Solusi Tepat Berasuransi”. Nasabah dapat berfokus pada bidang bisnis utama guna meningkatkan produktifitas perusahaan Nasabah.
    9. Dengan berbekal pengetahuan dan pengalaman serta jumlah port-folio bisnis yang besar, memudahkan Pialang Asuransi dalam menegosiasikan luas jaminan dan harga premi, dibanding dengan Tertanggung (bila Tertanggung berhubungan dan berhadapan langsung dengan perusahaan asuransi)

  • 4.Apa saja manfaat menggunakan jasa perusahaan pialang asuransi tersebut

    • Mengenal dan menganalisa risiko yang dimiliki Nasabah/Tertanggung
    • Memberikan saran bagaimana menangani risiko kepada Nasabah/Tertanggung
    • Men-design program asuransi yang memberikan jaminan lebih luas dan sesuai dengan kebutuhan Nasabah.
    • Menyeleksi perusahaan asuransi dari segi kekuatan keuangan dan segi komitmen serta reputasi
    • Mempresentasikan risiko dan menegosiasikan ruang lingkup jaminan yang luas serta premi yang bersaing kepada perusahaan Asuransi
    • Memantau kondisi dan situasi setiap adanya perubahan dalam industry asuransi secara konsisten
    • Membantu dan menangani klaim yang terjadi dari segi prosedur dan dokumentasi serta menegosiasikan nilai klaim yang wajar dan memadai bagi Nasabah
    • Semua service tersebut diatas adalah AT NO COST / FREE OF CHARGE

  • 5.Apa beda PIALANG ASURANSI dan AGEN ASURANSI ?

     

    1.    PIALANG ASURANSI Memberikan jasa keperantaraan bagi Tertanggung (Nasabah) yang awam akan kondisi dan persyaratan polis asuransi

    Bertindak untuk kepentingan dan atas nama Tertanggung  (Nasabah)

    Mewakili Tertanggung dalam memproses dan mengurus klaim asuransi yang terjadi, hingga Tertanggung memperoleh pembayaran ganti rugi 

    Berbentuk PT (Perseroan Terbatas) memperoleh ijin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia]

    Lulus Fit & Proper Tes dari OJK (Penilaian Kemampuan dan kepatutan) 

    2.    PIALANG  REASURANSI

     Memberikan jasa keperantaraan bagi Penanggung (perusahaan Asuransi), dalam penempatan risiko kepada Penanggung Ulang (perusahaan reasuransi) 

    Bertindak dan untuk kepentingan  Penanggung   (Perusahaan Asuransi) dan berbentuk  Perseroan  Terbatas 

    3.    AGEN  ASURANSI Mewakili  Penanggung dalam menjual produk asuransi  

    Berbentuk perorangan   atau badan usaha

    Bertindak untuk kepentingan Penanggung (perusahaan asuransi) dalam memasarkan produk asuransi dan pada  1 (satu) perusahaan Asuransi yang telah  memiliki izin usaha dari Kementerian Keuangan R.I.

  • 6.Kreteria apa saja untuk memilih perusahaan Pialang Asuransi

    1. Mempunyai Ijin Usaha dari Otoritas Jasa Keuangan
    2. .Terdaftar sebagai Anggota aktif di  APPARINDO (Asosiasi Perusahaan Pialang Asuransi & Pialang Reasuransi Indonesia)
    3. Memiliki pengalaman dan reputasi yang prima
    4. Memiliki kualitas sumber daya manusia yang professional dan ber-sertifikasi dengan gelar tenaga ahli asuransi ( APAI, CIIB, CII, AAAIK, AAIK, ANZIF, dlsb).
    5. Mempunyai  Polis  Professional Indemnity
    6. Memiliki dukungan dan jaringan (Net  Working) yang kuat dari Perusahaan Asuransi dan  Reasuransi
    7. Memberikan pelayanan tambahan (pemberian Training secara umum mengenai  pemahaman  asuransi dan lain sebagainya )

  • 7.Perusahaan Pialang Asuransi & Reasuransi berkewajiban

    1. Menjadi Anggota APPARNDO
    2. Manajemen perusahaan (Komisaris, Direksi, Tenaga Ahli Asuransi) berkewajiban melalui fit & proper test dari regulator (OJK)
    3. Memiliki tenaga ahli yang memegang gelar profesi sesuai ketentuan yang berlaku (APAI, CIIB dan /atau AAAIK).Pemegang gelar profesi / tenaga ahli asuransi (APAI, CIIB) wajib mengikuti pendidikan berkelanjutan untuk mempertahankan gelar tersebut.
    4. Setiap perusahaan wajib memberdayakan seluruh pegawainya dalam pendidikan dan melaksanakan sesuai dengan SOP (Standard Operation Procedure) sesuai ketentuan tentang perilaku dan praktek (Kode Etik)

     

  • 8.Dari mana Perusahaan Pialang Asuransi mendapat pendapatan

    Pialang Asuransi mengerjakan beberapa pekerjaan Perusahaan Asuransi, antara lain:

    1. Menjelaskan kondisi polis kepada calon Nasabah
    2. Mengumpulkan data risiko yang dimiliki calon Nasabah
    3. Melaksanakan survey kelokasi
    4. Melakukan seleksi risiko dan menyalurkannya kepada Perusahaan Asuransi sesuai dengan kebutuhan dan prosedur yang ada.

    Atas jasa jasa diatas, Perusahaan Asuransi tidak perlu mengeluarkan biaya akuisisi dalam mendapatkan bisnis dan tidak memiliki risiko kehilangan biaya bila mereka menolak dan/atau menerima penutupan atas suatu risiko yang ditawarkan perusahaan pialang asuransi, karena biaya-2 tersebut telah diinvestasikan oleh perusahaan Pialang Asuransi.

     

  • 9.Keuntungan apa saja bila menggunakan jasa perusahaan Pialang Asuransi

    1. Tertanggung dapat menghemat waktu dan berkonsentrasi pada pengembangan usaha & kelanjutan kegiatan usaha, karena telah mendapat paket pelayanan dari Broker Asuransi secara cuma-cuma.
    2. Tertanggung cukup memberikan informasi atas keterangan-keterangan yang diperlukan tanpa mengisi Application form, karena Placing Slip dipersiapkan oleh broker berdasarkan data yang diperoleh dari hasil survey.
    3. Tertanggung dapat memperoleh pelayanan cuma-cuma (gratis) dalam hal sebagai berikut :
    • Analisa  risiko  (Risk  management)  
    • Proposal tentang Program Asuransi yang sesuai dengan kebutuhan
    • Pencegahan kerugian (Risk/Loss Prevention).
    • Penempatan asuransi yang aman dengan :
    • Persyaratan seluas/sebaik mungkin.
    • Premi sewajar dan se-ekonomis mungkin
    • Pemeriksaan polis dengan cermat.Penyerahan polis dan kuitansi
    • Memberikan penjelasan atas hal-hal yang penting (Coverages)
    • Pelayanan bantuan menyelesaikan urusan klaim dengan Penanggung ( Claims Services )

     

     

  • 10.Keuntungan apa saja bila menggunakan jasa Pialang Reasuransi?

    1. Asuradir/penanggung dapat menghemat waktu dan biaya administrasi serta berkonsentrasi pada “Underwriting” karena telah mendapat paket pelayanan dari Broker Reasuransi secara cuma-cuma.
    2. Asuradir/penanggung cukup memberikan keterangan yang diperlukan oleh Reasuradir. Reinsurance Open cover/Slip dipersiapkan oleh broker. Asuradir/penanggung dapat memperoleh bantuan secara cuma-cuma berupa :
    • Mempelajari risiko yang dijamin oleh Asuradir/penanggung.
    • Menetapkan pembagian risiko dan/atau Maximum Possible Loss
    • Memberikan saran-saran mengenai penetapan besarnya Risiko sendiri (Own Retention)
    • Membantu penyusun program reasuransi dengan persyaratan yang sebaik-baiknya 
    • Menempatkan risiko kepada pihak reasuradur atas ekses own retention.

     

  • 11. Mengapa Menjadi Anggota APPARINDO?

    1. Sesuai dengan peraturan Pasal 68 Bab XIV Undang-2 Usaha Perasuransian tentang  Asosiasi Usaha Perasuransian bahwa:     Setiap Perusahaan Perasuransian wajib menjadi anggota salah satu asosiasi Usaha Perasuransian yang sesuai dengan jenis usahanya.     Asosiasi Usaha Perasuransian sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus mendapat persetujuan tertulis dari Otoritas Jasa Keuangan.
    2. Pasal 69 Otoritas Jasa Keuangan dapat menugaskan atau mendelegasikan wewenang tertentu kepada asosiasi Usaha Perasuransian dalam rangka pengaturan dan/atau pengawasan Usaha Perasuransian.

     

 

Sekilas Kami

Kami mengucapkan terima kasih kepada para relasi, nasabah, perusahaan asuransi dan reasuransi, yang selama ini telah mendukung dan mempercayakan penutupan asuransi pada anggota APPARINDO (d/h. ABAI). Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota APPARINDO yang telah melakukan pelayanan kepada para nasabah dengan integritas yang tinggi.  Situs ini dibangun sebagai sarana komunikasi kepada masyarakat, nasabah dengan APPARINDO selaku asosiasi dan anggota asosiasi; serta antara sesama anggota asosiasi. Semoga dengan kehadiran situs ini, kualitas edukasi dan pelayanan kepada masyarakat luas dan nasabah asuransi, semakin berkualitas dan memuaskan.

Link Asosiasi Nasional

Link Asosiasi Nasional

 

Link Asosiasi Internasional

Link Asosiasi Internasional

 

Link Lembaga Pendidikan

Hubungi Kami

Secretariat: , Sudirman Park, Blok C - 25  Jl. K.H. Mas Mansyur Kav. 35,
Jakarta 10220 Indonesia Telepon: (62 - 21) 5794 2553 Fax : (62-21) 5794 2554,
E-mail : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Website : www.apparindo.or.id


APPARINDO Cabang Jawa Timur : D/a. PT. Bringn Sejahtera Makmur,

Jl. Comal No. 3 - Surabaya

Telepon : (031) 5663945 – 6, Fax. (031) 5660521